BREAKING NEWS

SELAMAT DATANG KAWAN...!

SURAT

SENI DAN BUDAYA

OPINI

Rabu, 14 Oktober 2015

Empat Keterampilan di Miliki Oleh Siswa Sekarang


Damianus Muyapa : Foto (AO/KM)
Oleh: Damianus Mupaya
TIMIKA, (KM)-- Orang selalu mengatakan dalam hidup bahwa orang harus memiliki keterampilan-keterampilan, apa lagi dilihat dari waktu ke waktu selalu berubah pada setiap saat dalam segala hal, dengan adanya perubahan menuntut banyak keterampilan yang harus di miliki dengan tujuan untuk mencapai apa saja yang di harapkan dalam hidup. Tanpa keterampilan yang di miliki maka sulit mempertahankan hidupnya kelak. Apa lagi jaman sekarang adalah jaman kreatif, inofatif, dan proaktif. Siswa tidak dimiliki keterampilan maka hidup mengalami kesulitan, Dengan demikian, empat  keterampilan  yang harus dimiliki dalam hidup ini  bagi siswa secara terstruktur.

   1. Keterampilan Mendengar (Listening Skill)
            Orang selalu mempertahankan  ide atau opini masing-masing apa lagi siswa karena siswa memiliki egoistisnya tinggi (pendapat saya yang benar), sehingga  harus mengajar atau mendidik untuk kearah memiliki keterampilan mendengar,  baik mendengar ketika guru mengajar kepada siswa di dalam kelas  (Face to face), mendengar nasehat guru di luar kelas, mendengar nasehat orang tua, mendegar ketika orang bercerita yang positif.

          Ada pula  mendengar berita melalui radio, siaran, mendegar informasi melalui jaringan seluler handphone dan lain sebagainya. Agar  menjadi  pendengar setia dan menjadi siswa yang bisa memiliki keterampilan mendengar (Listening Skill), karena keterampilan mendengar sangat sulit untuk di miliki oleh seseorang dalam hidup ini.

     2. Keterampilan Membaca (Reading Skill)
           Orang selalu mambawa dari dunia gelap ke dunia yang terang,  awal tidak bisa membaca, namun kemudian hari bisa membaca dengan lancar, untuk keterampilan membaca itu bukan hanya membaca yang lancar saja, namun banyak yang harus di ketahui dan di pahami  tentang bacaan yakni bagaimana menganalisa bacaan baik menemukan pokok pikiran, jalan cerita, meyimpulkan isi dari bacaan, dan lain sebagainya.  
          Demikian pula, keterampilan membaca juga untuk di ketahui dan di pahami informasi-informasi  hangat dan  ilmu-ilmu pengetahuan. Siswa masa sekarang banyak yang sudah tahu membaca tapi tidak di manfaat waktu untuk membaca, namun waktu ke waktu untuk bermain-main saja, pada hal ada istilahnya ” banyak membaca berarti banyak yang tahu”,  oleh karena itu,  jangan malas membaca buku, majalah, Novel, Drama,puisi  dan  membaca situasi dan kondisi di sekitarnya pada setiap saat, agar  menjadi wawasan yang luas.

    3. Keterampilan Menulis  (Writing Skill)
            Orang memiliki keterampilan menulis,  hal yang tidak gampang dan mudah, kecuali Dia sudah di lakukan dua keterampilan yakni keterampilan mendengar dan membaca dalam hidup. Kalau tidak salah penulis-penulis yang terkenal,  aktif mendengar dan rajin membaca buku (kutu buku),dan  membaca situasi dan kondisi di sekitarnya,  lalu bisa menulis buku, novel, drama, puisi, komik, dan lain sebagainya.

         Dengan demikian,  keterampilam menulis itu harus di miliki, aneh kalau tidak tahu menulis sebuah tulisan karena Tuhan sudah di kasih otak dan pikiran, akal budi, apa lagi dikasih kesempatan untuk  kita belajar menulis dalam segala sesuatu sesuai dengan pengalaman-pengalaman dalam hidup. Oleh karena itu,  siswa jangan di abaikan untuk  menulis pada setiap hari, apalagi sekarang jaman informasi maka  harus dimiliki keterampilan menulis agar dapat menulis dalam segala sisi baik ekonomi, budaya, sosial, pendidikan, politik, pertanian, perkebunan, peternakan, dan lain sebagainya untuk di publikasikan melalui  media cetak dan elektronik.

    4. Keterampilan Berbicara  (Speaking Skill)
            Kenyataan dalam hidup bahwa barang siapa yang pintar berbicara walaupun berkata-kata yang tidak terstruktur selalu mengatakan  bahwa dia sudah mampu atau memiliki keterampilan berbicara,  Pada hal keterampilan berbicara dalam struktur memiliki keterampilan berbicara  adalah tahapan terakhir,  setelah dimiliki ketiga keterampilan baik keterampilan mendengar, membaca, dan menulis. Karena bahan berbicara atau sumbernya dari ketiga keterampilan tersebut.

        Dengan Demikian, siswa harus memiliki  keterampilan secara terstruktur, yakni keterampilan mendengar, membaca, menulis, lalu berbicara, kalau berbicara saja berarti  berbicara sesuatu tanpa sumber yang jelas dan akurat, akhirnya orang tidak dapat di percaya dalam hidup. Oleh karena itu, siswa harus di miliki kerampilan secara terstruktur dari sekarang untuk kedepan, karena kehidupan anda ada di tangan anda sendiri dalam menghadapi masa era globalisasi sekarang ini.

Penulis adalah Staf Dosen STIE Amor Timika (Pemerhati Pendidikan)

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANDY OGOBAI
Powered byBlogger Templates