BREAKING NEWS

SELAMAT DATANG KAWAN...!

SURAT

SENI DAN BUDAYA

OPINI

Rabu, 14 Oktober 2015

Handphone Mendunia Pada Masa Sekarang

Damianus Muyapa 

Oleh : Damianus Muyapa 
"Manfaat dan Kerugian HP"
 TIMIKA, (KM)-- Handphone (HP) adalah salah satu alat elektronik yang sangat canggih. Handphone sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dapat berkomunikasi pada setiap hari, Orang dapat menginformasikan sesuatu masalah  kepada orang lain dalam waktu yang singkat, dan  HP sebagai alat modern yang sudah  mendunia pada jaman sekarang ini. Tanpa Handphone bisa mengalami kesulitan dalam kehidupan terutama dalam berkomunikasi antar pribadi satu dengan pribadi yang lain yang ada sekota, sepulau, serta pulau lain bahkan Negara lain.

 Handphone ini memang salah satu media berkomunikasi bagi manusia, tetapi Handphone ini adalah salah satu benda mati yang bisa menghancurkan kehidupan yaitu jiwa atau karakter dan  Ekonomi. Misalnya dengan adanya kehadiran HP di Negeri ini sehingga Hp yang benda mati bisa membawa manusia dalam kehancuran, hanya karena orang salah mengerti dan memahami manfaat penggunaan yang sebenarnya, kadang-kadang orang dapat menelepon kepada orang yang sudah mengetahui identitas jelas atau  tidak  jelas identitasnya, tindakan seperti ini  bisa menggangu aktivitas orang lain saja kecuali ada janjian untuk berkomunikasi lewat Hp sebelumnya. Kalau tidak ada perjanjian antara komunikator dan komunikan tentu saja menggangu kepada orang lain. Lihat saja kenyataan dalam hidup ini, gara-gara berkomunikasi dengan HP saja  selalu ada terjadi kehancuran rumah tangga, kecemburuan terjadi dimana-mana tempat, dalam hidup keluarga selalu saja terjadi bahwa isteri cemburu terhadap suami, dan sebaliknya suami cemburu kepada istri. 

Pada hal yang ditelepon mungkin teman, saudara, kakak, adik, dan hubungan keluarga, tetapi biasa menanggapi sisi negative, akhirnya menjadi keluarga berantakan dalam hidup, ada pula orang dapat menelepon kepada istri atau suami orang lain dengan menyampaikan kata-kata bijak akhirnya pikiran atau karakter positif yang di milikinya bisa berubah menjadi karakter negative, karena kata-kata bijak yang disampaikan itu  tujuannya negatif yaitu menghancurkan hidup keluarga saja. Di samping itu pula bahwa Hp dapat menguras financial untuk membeli pulsa, bila HP rusak atau hilang membali HP yang baru lagi, lain pula bahwa dengan adanya HP bisa menghabiskan waktu dan tenaga ketika berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain panjang lebar lewat Handphone tersebut dengan tidak mempertimbangkannya.

Demikian yang terjadi dalam kehidupan Manusia pada jaman sekarang ini pada khususnya penggunaan HP, sehingga orang harus tahu bahwa Makluk yang termulia adalah manusia, oleh karena itu,  harus mengetahui manfaat pengguanaan  HP  yang sebenarnya, karena Handphone ini Manusia yang menggunakan atau mengatur  untuk berkomunikasi dengan orang lain, bukan Hp yang diatur Manusia.
Penulis adalah staf dosen Politeknik Timika 

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANDY OGOBAI
Powered byBlogger Templates