BREAKING NEWS

SELAMAT DATANG KAWAN...!

SURAT

SENI DAN BUDAYA

OPINI

Sabtu, 01 Agustus 2015

» JANGAN SALAH MENILAI «

Di jaman dahulu, di Mesir ada seorang Bijak yg bernama Zun Nun. Tdk spt org Mesir pada umumnya yg selalu mengenakan pakaian Indah, Zun Nun selalu mengenakan pakaian sederhana dan apa adanya. Melihat sikap Zun Nun itu, seorang murid bertanya kepadanya, "Guru, kenapa setiap hari Guru hanya mengenakan pakaian seadanya?? Bukankah kita Harus memperhatikan penampilan kita??"

Zun Nun tdk menjawab sepatah katapun. Dia hanya tersenyum dan melepas cincinnya yg tampak kotor dan kumal. "Aku mau minta tolong, bisakah kau menjual cincin ini dgn harga satu keping emas??" Kata Zun Nun.
Muridnya pun bertanya. "Apakah mungkin cincin spt ini berharga satu keping emas??"
"Coba saja dulu", jawab Zun Nun.

Sang Murid kemudian pergi ke pasar dan menawarkan cincin tsb kpd para pedagang. Selang beberapa saat, murid itu pun kembali pada Gurunya, "Guru, di pasar tdk ada seorang pun yg tahu berapa nilai cincin ini. Namun ketika saya membawanya ke Toko Emas, cincin ini justru ditawar dgn harga seribu keping emas. Bagaimana bisa demikian, Guru?"

Zun Nun menjawab, "Itulah jawaban dr pertanyaan mu tadi...Kita tdk bisa menilai seseorang dr luarnya saja... Emas dan Permata dlm diri seseorang hanya bisa dilihat dan dinilai jika kita mampu melihat ke dlm Jiwa... Sering kali org salah menilai. Sama ketika kita salah mengira sebuah emas ternyata hanya loyang dan melihat loyang ternyata emas".

Seseorang cenderung menilai org lain hanya dari penampilan luarnya. Janganlah kita terburu2 utk Menghakimi org lain Hanya krn Penampilannya yg Buruk. Demikian juga sebaliknya jgn Mudah tertipu dgn Penampilan seseorang yg kelihatannya Baik.

Ingatlah, kualitas seseorang yang Sesungguhnya bukan terletak pada Penampilan luar. Namun pada HATI and KARAKTER yg akan selalu Tampak pada Sikap dan Perilakunya dalam Kehidupan sehari-hari.
⌣̶·̵♡•✽ TUHAN YESUS Memberkati ✽•♡·̵⌣

Kiriman Tulisan Teman.......>

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANDY OGOBAI
Powered byBlogger Templates