Apa itu Kabel UTP?

Kabel UTP (unshielded twisted pair) merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network), selain karena harganya relatif murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan.
Sesuai namanya Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin/terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded), sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik.. Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran.

Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP yang menunjukkan kualitas, jumlah kerapatan lilitan pairnya (semakin tinggi katagorinya semakin rapat lilitannya), dan parameter lainnya, seperti berikut ini:


  • Kabel UTP Category 1
Digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah), yang didesain untuk mendukung komunikasi analog saja, sehingga tidak cocok untuk mentransmisikan data digital di dalam jaringan komputer.

  • Kabel UTP Category 2
Digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi token ring dari IBM. Kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps(Megabits per second).

  • Kabel UTP Category 3
Digunakan pada 10BaseT network, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 10 Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair. Seringnya, kabel jenis ini digunakan oleh jaringan IBM Token Ring yang berkecepatan 4 megabit per detik, sebagai pengganti Cat2.

  • Kabel UTP Category 4
Sering digunakan pada topologi token ring, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps.

  • Kabel UTP Category 5
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps,  Kabel Cat5 dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet (100BaseT), hingga Gigabi Ethernet (1000BaseT).

  • Kabel UTP Category 5e 
mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekuensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.

  • Kabel UTP Category 6
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekuensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut. 

  • Kabel UTP Category 7
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekuensi signal yang dapat dilewatkan sampai 400 MHz. 
 Untuk pemasangan kabel UTP, terdapat dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan komputer terutama LAN, yaitu Staright Through Cable dan Cross Over Cable. Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama (NIC dengan NIC lainnya, hub dengan hub yang lainnya dan lain-lain), sementara kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda (NIC dengan hub atau NIC dengan switch).




 susunan standar kabel cross over



susunan standar kabel straight



Apa itu Kabel STP?
Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.



Apa Itu Kabel Coaxial?

Kabel coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air.     

Lihat niih perbedaannya biar lebih jelas!






Apa Itu RJ-45?
RJ-45 Untuk menghubungkan kabel UTP dengan Ethernet, diperlukan sebuah konektor, yang bernama 8P8C (8 Position 8 Connector), atau biasa konektor RJ-45. Fungsi konektor RJ 45 ini memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk dipindah-pindah serta mudah untuk dicabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.
RJ sendiri memiliki berbagai tipe mulai rj 11, rj 25, rj 45, dan lain sebagainya. Di antara tipe-tipe register jack atau RJ tersebut. Connector rj45 merupakan tipe yang sering digunakan.

Apa Itu Port 48?
 Port 48 itu adalah port switch!


Jumlah port switch yang tersedia di pasaran sangat beragam jumlahnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. 2 port
  2. 4 port
  3. 8 port
  4. 16 port
  5. 24 port
  6. 32 port
  7. 48 port
Switch dengan jumlah port 4, 8, 16 dan 24 port sangat sering dijumpai.
nah perbedaan port 2 ke yang semakin besar itu hanya Speed atau Kecepatan Transfer Data.
Kemampuan switch dalam mentransfer data beragam, yaitu:

  1. 10 Mbps 
  2. 10/100 Mbps 
  3. 10/100/1000 Mbps 



Apa itu Modem?

Modem Internal


Modem External

Modem ADSL


Modem CDMA


Modem GSM



Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulatormerupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.