BREAKING NEWS

SELAMAT DATANG KAWAN...!

SURAT

SENI DAN BUDAYA

OPINI

Sabtu, 16 Juli 2016

Puluhan Siswa Smk Harapan Timika Gelar PLS



Siswa dan Siswi Smk Harapan Gelar PLS, Susasa Saat Mengikuti KKR Rohani, pada 16/07/2016,  (Foto:Andy/KM)
TIMIKA, (KM)--- Dalam rangka memperkenalkan peserta didik  dengan lingkungan belajar  yang baru agar memiliki kesiapan belajar yang baik, puluhan siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Awida Timika, menggelar Perkenalan Lingkungan Sekolah (PLS).
 
Memasuki tahun ajaran baru banyak persiapan yang harus dilaksanakan. Selain proses penerimaan peserta didik baru (PPDB), juga harus dilaksanakannya Perkenalan Lingkungan Sekolah (PLS) disetiap Jenjang dan harus dilaksanakan oleh Guru bukannya oleh Murid. Sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2016. tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.

Hal tersebut, disampaikan ketua  Panitia penerimaan peserta didik baru tahun 2016, Matius Sarpa, ST, pada wartawan  www.kabarmapegaa.com, kegiatan PLS tahun ini, kata dia, kami laksanakan selama dua hari  pada (15-16/07/2016), di Aula Smk Harapan, jalan Nawaripi Baru Belakang SPBU Nawaripi.

Sarpa, juga menjelaskan, tahun sebelumnya sering disebut Masa Orientasi Siswa (MOS), namun sekarang di ganti dengan Perkenalan Lingkungan Sekolah (PLS), dengan peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016. 

“Aturan ini di tetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan secara resmi melarang pelaksanaan MOS oleh siswa termasuk oleh OSIS. Tetapi pelaksanaan PLS diarahkan dan dilakukan oleh guru atau pengajar.”Jelasnya.

Ia juga, kegiatan tahun ini, dikenalkan tentang Fasilitas Belajar, Strategi Belajar, Kurikulum, Tata tertip Siswa, Kultur Akademik Sekolah, materi tentang Bahaya Norkoba, dan Kegiatan Kebangunan Rohani (KKR).

Sarpa juga, menjelaskan kita Smk Harapan, awalnya kami sudah menerima siswa baru sekitar 180 yang sudah ambil formulir, namun siswa yang sudah kembalikan formulir pendaftaran siswa baru hanya sekitar 133 siswa.

kata dia, siswa sekitar 133 yang sudah kami terima, kemudian kami uji mereka dengan tes tertulis materi  tentang Matemarika, Bahasa Inggirs dan  Kejuruan,  serta kami juga menguji mereka dengan Wawancara. 

 “Siswa yang lulus sekitar 90 siswa dan siswa yang kami terima sesuai dengan pilihan jurusan mereka yaitu, Alat berat sebanyak 30 Siswa, Otomotif sekitar 46 siswa dan Teknik Jaringan dan Komputer sebanyak 20 Siswa,”Ujarnya.

Kesempatan yang sama juga kegiatan PLS tersebut,  ditutup secara resmi oleh wakil kepala sekolah Drs. Matius Ambalabi.

“Saat Penutupan,  Matius, sangat apresiasi dan bangsa kepada panitia yang bekerja keras dan sudah menjalankan tugas dari penerimaan peserta didik baru sampai dengan pelaksanaan PLS dengan baik,”Ucapnya.


Pewarta: Andy Ogobay
Sumber: http://www.kabarmapegaa.com/2016/07/puluhan-siswa-smk-harapan-timika-gelar.html

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 ANDY OGOBAI
Powered byBlogger Templates