Gemapi Memperingati 1 desember sebagai Hari HIV AIDS Sedunia. Di bundaran Timika Indah (AG/WP)
WipaNews, TIMIKA– Memperingati Hari Hiv AIDS Sedunia 1 Desember, Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (GEMAPI) Menggelar aksi, dengan Thema ” Anak Mudah Perangi Hiv Aids” di bundaran Timika Indah, Sabtu (01/12).

Masa aksi rata-rata mahasiswa dan mahasiswi beberapa Kampus seperti, Politeknik Amamapare, Timika, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jembatan Bulan Mimika. Universitas Timika dan STKIP Hermon Timika.

Mereka membawah spanduk membentangkan bundaran Timika Indah, mereka juga berorasi bagaimana mengenai HIV/AIDS dan bagaimana pencegahannya. intinya untuk memberikan pemahaman mengenai bahaya HIV/AIDS dan penularannya harus diketahui masyarakat. Terutama bagi generasi muda penerus bangsa, yang ada di Timika.

Kordinator Aksi, Eki Felix Maniani, menjelaskan tentang HIV, adalah virus yang menyebabkan AIDS. HIV secara drastis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan penyakit, bakteri, virus, dan infeksi lainnya menyerang tubuh manusia.

“Di sisi lain remaja juga harus menghindari narkotika, seks bebas dan minuman keras. Nikah jangan terlalu dini. para remaja agar tidak terjerumus kepada pergaulan bebas dan hal negatif yang bisa mengakibatkan tertularnya HIV/AIDS,” tuturnya.

Di Indonesia perkembangan kasus HIV dan AIDS menunjukkan kecenderungan meningkat. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan pada 2017 secara kumulatif terdapat 102.667 kasus AIDS dan 280.623 kasus HIV positif.

Berdasarkan sensus penduduk pada 2010 penduduk Indonesia usia muda berjumlah sekitar 25 persen dari total penduduk Indonesia. Mereka rentan terhadap bahaya HIV dan AIDS serta narkoba. di Papua tembus angka 38.874.

Melihat Jumlah kasus HIV-AIDS di Papua tembus angka 38.874. Kabupaten Nabire memiliki kasus HIV-AIDS tertinggi, yakni angkanya 6.500 lebih.

“Sedangkan Kasus terbanyak ditemukan di wilayah Nabire dan beberapa kabupaten di Papua seperti Jayawijaya, Mimika dan Jayapura dan papua lainnya, hal ini membuat kami Gemapi bergerak hati untuk melakukan aksi damai,”ujar Eki.

Mahasiswapun membacakan Puisi tentang Bahaya HIV AIDS, dan mereka siapkan Lilin untuk memperingati 1 desember sebagai Hari HIV AIDS.

“Merekapun memberikan pemahaman agar melalui kegiatan ini bisa efek jera tentang bahaya HIV, ditimika dan papua,”ungkapnya.

(WP/AG)

Sumber: https://wipanews.com/gemapi-memperingati-hari-hiv-aids-sedunia-di-timika/?fbclid=IwAR0CofztUoboBbdyqWiSVe5JdUsLy98gKylGCbuR7vMYBaVgdoHV2z_CHXQ