WipaNews, TIMIKA– Pernyataan Publik, oleh  Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)  Bennny Wenda,  terkait Penangkapan 500-an Aktivis KNPB, FRI-WP, dan AMP Papua dan Indonesia, saat memperingati 1 desember sebagai Lahirnya Negara West Papua yang dilansir ulwp.org.

Ini pernyataan Pimpinan  ULMWP, Benny Wenda, sebagai berikut:
ULMWP mengutuk penangkapan semua orang yang ditangkap oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati Hari Nasional Papua Barat secara damai. Dalam istilah yang paling kuat, ULMWP mengutuk pemerintah Indonesia untuk penangkapan dan perlakuan brutal terhadap lebih dari 500 orang Papua Barat dan Indonesia dalam solidaritas, yang ditargetkan pada tanggal 1 Desember hanya untuk memperingati Hari Nasional Papua Barat secara damai.

Sebagai Ketua Gerakan Pembebasan Inggris untuk Papua Barat (ULMWP), saya menyerukan agar segera membebaskan semua yang ditangkap di Papua Barat dan Indonesia, dan untuk militer Indonesia, polisi dan kelompok milisi yang akan segera dimintai pertanggungjawaban.

Ketika kami orang Papua Barat, bersama dengan para pendukung Indonesia merayakan hari ini, Pasukan Keamanan Indonesia dan milisi secara brutal menindak tegas majelis damai kami, meskipun pemberitahuan resmi diberikan atas peristiwa tersebut.

Di Papua Barat dan Indonesia, ratusan orang ditangkap, dan banyak yang dipukuli, termasuk perempuan Papua Barat. Di Papua Barat, kantor-kantor diserbu, dan penumpasan terjadi di Pelabuhan Numbay (Jayapura), Asmat, Merauke, Sorong, Timika dan di tempat lain. Di Indonesia, penumpasan terjadi di Surabaya, Jakarta, Ambon, Ternate, Makassar, Manado, Kupang dan Yogyakarta.

Secara total, lebih dari 500 orang ditangkap dan banyak dari mereka tetap berada dalam tahanan polisi. Keberadaan setidaknya dua aktivis saat ini tidak diketahui.

Serangan mengerikan dan penangkapan massal semacam itu adalah bukti lebih banyak dari situasi hak asasi manusia yang memburuk di Papua Barat, dengan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pembatasan Kebebasan Berekspresi dan Perdamaian hanya meningkat di bawah Presiden Indonesia Joko Widodo.

Sejak Widodo mengambil alih kekuasaan pada tahun 2014, ribuan orang Papua Barat telah ditangkap dan banyak yang disiksa dan bahkan dibunuh hanya karena secara damai menyerukan penentuan nasib sendiri Papua Barat.

Hak fundamental orang Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan tidak hanya diabadikan di bawah hukum internasional, itu juga mendasar bagi Konstitusi Indonesia. Dalam pembukaannya, konstitusi ini menyatakan “kemerdekaan adalah hak mutlak semua bangsa, oleh karena itu, semua kolonialisme harus dihapuskan di dunia ini karena tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan;

perlu solidaritas lebih lanjut untuk menghapuskan kolonialisme sekali dan untuk selamanya.
Oleh karena itu, ULMWP:

Pertama, Menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat dari semua yang ditangkap di Papua Barat dan Indonesia untuk secara damai memperingati 1 Desember dan menyerukan keadilan bagi semua yang terkena dampak.

Kedua, Mengimbau para pejabat dan pemimpin dari Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) untuk segera mengambil tindakan dan menyelidiki dan mengutuk pemerintah Indonesia atas situasi HAM yang memburuk di Papua Barat; menyerukan kepada Indonesia untuk menghormati hukum internasional, termasuk Kebebasan Berekspresi dan Majelis Damai orang Papua Barat.

Ketiga, Menyerukan Misi Pencarian Fakta PBB untuk segera mengunjungi Papua Barat, untuk menilai secara langsung apa yang terjadi di lapangan, dan merekomendasikan tindakan yang perlu diambil oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai situasi hak asasi manusia.

Keempat, Menyampaikan rasa hormatnya yang paling dalam kepada rakyat Papua Barat yang dengan berani mengambil bagian dalam peringatan Hari Nasional kita dengan damai dan mengungkapkan keyakinan pada tekad dan keputusan yang luar biasa dari rakyat Papua Barat yang bersatu.

Kelima, Mengucapkan selamat kepada keberanian semua pendukung Indonesia, terutama FRI-Papua Barat, dan sepenuhnya mendorong mereka dalam semua advokasi mereka untuk terus mengkampanyekan untuk penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan Papua Barat.

Keenam, Mengucapkan terima kasih kami yang tulus kepada komunitas internasional dan semua pendukung internasional untuk mengangkat bendera Papua Barat dan menunjukkan solidaritas dengan orang-orang Papua Barat pada tanggal 1 Desember, meningkatkan dukungan dan kesadaran yang signifikan untuk perjuangan kami.

Ketujuh, Permintaan sebagai anggota MSG bahwa pejabat MSG dan pemimpin meninjau keanggotaan pemerintah Indonesia dalam MSG, dengan mempertimbangkan peningkatan tingkat pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia sebagai negara non-Melanesia, terhadap orang-orang Melanesia dari Papua Barat.

Kedelapan, Menegaskan bahwa hak dasar rakyat Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan harus dihormati oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat internasional, melalui sarana referendum kemerdekaan; ini menjadi satu-satunya solusi untuk resolusi konflik damai di Papua Barat.

Dengan hormat dan salam,
Benny Wenda
Ketua Gerakan United Liberation for West Papua (ULMWP)


sumber:https://wipanews.com/ini-pernyataan-publik-ulmwp-terkait-penangkapan-500-an-aktivis/?fbclid=IwAR06VjFzJ9DRqMIakPn8wE2eEhvisw2LpkQxvsHnFBIgvgPHELTdt11FCPM