Keterangan buku:
  • Judul : Buku Pintar Komputer
  • Penulis : Haysim M., ST
  • Penerbit : Karya Pustaka
  • Tahun Terbit : 2008
  • Halaman : iv + 228
  • Ukuran buku : 23.5 cm x 15.5 cm
Isi resensi:

Kecanggihan teknologi sekarang ini khususnya dibidang Ilmu Komputer membuat masyarakat tertantang untuk mengikutinya. Banyaknya variasi teknologi komputer dijaman sekarang ini semakin memikat pengguna akan berbagai fungsi yang ditawarkan, hal ini jelas akan menguntungkan pihak produsen yang membuat berbagai teknologi canggih tersebut. Namun, dibalik itu semua, ada juga sekelompok orang yang merasa kehadiran berbagai teknologi canggih sebagai hambatan bagi mereka. Bagaimana tidak, mereka tampaknya enggan untuk “berkenalan” bahkan sekedar untuk mencoba fitur-fitur teknologi komputer tersebut. Mereka cenderung lebih memberikan kepada mereka yang sudah ahli dibidangnya, padahal kita sendiri pun bisa melakukannya.
“BUKU PINTAR KOMPUTER”adalah salah satu buku komputer yang dikarang Hasyim M., ST . Adapun beliau merupakan lulusan Universitas Gunadarma angkatan 1996. dalam buku yang berjumlah 228 halaman, dijelaskan dengan cukup mendetail komputer dari sejarah, hingga istilah-istilah pada komputer. Dimulai dari bab 1 yang berisi “Definisi & Sejarah komputer”. Pada bagian ini akan dijelaskan secara lengkap definisi komputer, sejarah komputer, sampai jenis-jenis komputer. Beralih ke bab 2,  menjelaskan pengertian PC, perkembanagn dan jenis-jenis PC. Pada bab 3 akan dijelaskan mengenai Perangkat keras (Hardware) pada PC. Bab 4 dijelaskan berbagai peralatan input pada PC dan fungsinya. Di bab 5, penjelasan mengenai peralatan proses data pada PC. Bab 6 dan 7 menjelaskan berbagai peralatan yang digunakan untuk menampilkan hasil / output dan peralatan aksesoris untuk mendukung kerja PC. Di bab 8 kita akan menemukan pengertian dari perangkat lunak (software), beserta perkembangannya hingga sekarang. Bagi anda yang ingin membeli komputer, bisa dibaca panduannya di bab 9 dan 10., disana akan diulas secara lengkap bagaimana membeli komputer sebanding dengan kebutuhan yang kita inginkan. Nah, untuk anda yang telah membeli berbagai hardware, dan berkeinginan untuk merakit sendiri hardware-hardware  dan menginstal dengan OS yang diinginkan, anda bisa membaca bab 11 dan 12. Disitu akan dipandu cara-cara merakit hardware dan kemudian menginstalnya dengan OS (Operating System) yang ada. Sampai bab 17, kita akan disuguhi dengan Jaringan Komputer, Tip & Trik PC, Laptop, Virus komputer dan berbagai istilah komputer.
Setelah membaca buku ini, kita akan menemukan beberapa kelebihan. Adapun kelebihan dari buku ini adalah, penjelasannya yang menurutku lumayan lengkap dan jelas, sehingga orang awam pun yang tidak mengetahui seluk-beluk Teknologi Komputer dapat mengerti dengan baik, ditambah dengan adanya berbagai gambar dan tabel pendukung, semakin menambah wawasan pembaca dibidang TI.  Selain itu, bahasa yang digunakan tidak bertele-tele, dalam artian buku ini langsung mengajak pembaca untuk mengenal langsung Teknologi Komputer. Tapi ada 1 hal yang sangat disayangkan, sekaligus menjadi kekurangan, yaitu semua gambar di buku ini tidak bewarna. Akan lebih baik jika semua gambar dalam buku ini bewarna, jadi semakin menambah ketertarikan bagi para pembaca untuk membaca buku ini.
Jika menilik dari isi buku ini, sangat cocok untuk dibaca oleh siapapun, terlebih oleh orang-orang yang merasa awam dan tidak pahan akan dunia Teknologi komputer. Bahasanya yang mudah dicerna pasti akan membuat buku ini semakin disukai siapapun.
Terimakasih..