TNI-Polri Sweping beberapa Aktivis Papua, (30/11) di Jayapura, (Foto: Dok.WP)
WipaNews, TIMIKA— Jelang 1 Desember hari bersejarah bagi orang Papua, Aparat gabungan tentara nasional indonesia (TNI) dan Polisi Nasional Indonesia (POLRI) kembali menggerebek sekertariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pusat di Perumnas III. Jayapura Papua, Pada Jumat (30/11) Kemarin.

Bukan hanya di Jayapura saja tapi, di Timika, dan Asmat pun TNI-Polri melakukan Sweeping  dan mengecek keadaan Kantor KNPB, dan mereka jaga aktivitas KNPB di halaman kantor, “kata Jubir KNPB, Ones Nesta Suhunia pada media ini, sabtu (01/11).
Dia menyatakan, TNI/POLRI mendatangi sekertariat KNPB pada pukul 16.50 waktu setempat, dengan  dilengkapi dengan senjata lengkap. saat itu juga, terjadi Pengerebekan  Swiping oleh Aparat Gabungan TNI/Porli di Markasnya.

“Saat sweping dia menyatakan Tni-Polri mengintimidasi beberapa aktivis KNPB lainnya saat sedang makan, ada juga teror penembakan, mereka juga menembak untuk menakut-nakuti para aktivis dengan menggunakan ledakan senjata, ada sekitar 3 (tiga) kali tembakan ke arah udara, “katanya.

Selain jayapura, di timika, juga terjadi pagi ini pukul 05:30 waktu ditimika, kantor KNPB-PRD didatangi oleh tim gabungan aparat TNI-POLRI dipimpin Lansung oleh Kapolsek mimika baru, dengan mengunakan 4 Mobil, 2 mobil patroli, 1 milik TNI, 1 milik polisi dan 2 mobil Kaca gelap,  Lansung mereka masuk kehalaman kantor.

Ketua PDR, Abihut Degei, menyatakan Tni-Polri datang menanyakan apa kegiatan pada 1 desember di kantor, kami sudah jelaskan, yang jelas kami akan memperingati dengan ibadah dan doa. Tujuan  kedatangan TNI-Polri, mereka ingin memastikan Kegiatan apa yang akan hendak dilakukan oleh PRD dan KNPB, dan mereka sekaligus memantau keadaan di area kantor.

” Kami juga menjawab bahwa kami tak akan pernah keluar dari surat pemberitahuan kami, sebagaimana yang telah kami tulis dan berikan kepada Pihak kepolisian ialah melakukan Ibadah Memperingati Hari Manifesto Bagi Bangsa Papua” direspon oleh Abihut.

Setelah bernegosiasi beberapa menit dan akhirnya pihak keamanan TNI, POLRI & BIN BAIS mengajak untuk foto bersama dan setelah itu mereka meninggalkan Kantor.

Agus Kossay, ketua Umum KNPB Pusat juga, menyatakan nasib yang sama juga dialami oleh kawan-kawan Asmat. TNI-Polri mengebung sekretariat KNPB Sektor Fait sejak pagi subuh hingga pukul 08:00 waktu Asmat.

“Tni-Polri membakar sekretariat KNPB dan salah satu rumah milik seorang anggota KNPB. dan Aparat menangkap seorang anggota atas nama Patrisius Maniep umur 19 tahun,”ungkapnya.

Sebelumnya Kepolisian Daerah Papua menyatakan, akan melakukan penegakan hukum bagi pihak yang melakukan pengibaran bendera bintang kejora (lambang yang biasa digunakan TPN/OPM) pada tanggal.

Polda Papua juga mengingatkan akan ada konsekuensi apabila kelompok OPM melakukan aksi teror pada 1 Desember. “Apabila mereka melakukan teror. Kita teror juga mereka,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes (Pol) Ahmad Mustofa Kamal, Kamis (29/11) belum lama ini.

(WP/AG)

sumber:https://wipanews.com/jelang-1-desember-tni-polri-grebek-kantor-knpb-di-papua/?fbclid=IwAR14MCIQrNIz1YbXW9KpNHQPcqMp5qEibYt2NhnAVkVhUGI1iZjG5cFYzKQ